a little step

Tiba-tiba terbangun menjelang tengah malam dan merasa ingin sekali melakukan sesuatu. Semacam “aha!!”…(dengan ilustrasi bola lampu pijar yang menyala terang). Mungkin ini yang dinamakan awakening call…haiyahh……

Semalam tadi banjir ide ceritanya….hingga semakin kuat keinginan saya : belajar menjahit. Bermain-main dan berkreasi dengan bentuk, pola, motif, dan warna. Sepertinya akan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Dan yang jelas bisa dilakukan di rumah, karena saat ini beraktivitas di rumah dan mendedikasikan hidup untuk keluarga adalah hal yang paling saya inginkan dan paling saya sukai.

Sekolah lagi seperti keinginan orang tua atau bekerja di luar rumah sepertinya akan menjadi pilihan yang hanya akan saya ambil dalam kondisi tertentu yang memang mengharuskan begitu. Ah……..semua terasa memenuhi otak dan menyesakkan, ingin segera diwujudkan.

Saya bangunkan suami, tak tahan rasanya menyimpan semua ini sendiri lebih lama lagi. Seperti biasa, suami mendengarkan sambil terkantuk-kantuk dan tentu saja mendukung 100%. Bahkan suami langsung bangun dan browsing referensi untuk kegiatan menjahit nanti, mengingat saya masih pemula dalam urusan jahit menjahit. Suami juga setuju untuk membelikan mesin jahit, tapi harus bersabar menunggu sampai kami pindah ke apartemen yang baru. Mungkin sekitar 2 atau 3 bulan lagi. Hmm…..just can’t wait !!!

Sebenarnya tidak tiba-tiba juga momen ini datang, ada pemicu sepertinya. Banyaknya waktu luang yang saya miliki dengan status sekarang sebagai full time mom didukung akses internet 24/7 membawa saya ke aktivitas buka-buka blog. Thanks to Mbak Nini yang memberikan link ini, yang akhirnya membawa saya ke blog-blog lain dengan tema yang sama.

Tinggal di Jepang juga berarti akses tak terbatas ke berbagai sumber inspirasi dalam segala hal yang berbau art, craft, dan fashion. Sejauh pengamatan saya Jepang punya style yang unik, menawan, dan sangat memanjakan mata ๐Ÿ™‚

Beberapa waktu yang lalu saya dan suami jalan-jalan ke Fujisaki dan kami berhenti di sebuah toko kecil yang membuat saya langsung jatuh cinta. Toko itu menjual bermacam-macam jenis kain dengan beraneka ragam motif, perlengkapan menjahit, ย dan juga produk jadi berupa baju, tas, apron, masker, dll.

Sayangnya harga kain di toko itu bisa dibilang mahal untuk ukuran kantong saya. Per meter mulai 290-3000 an yen. Ada beberapa item yang sale, dijual per potong dengan berbagai ukuran mulai 380 yen. Tapi tetap mahal buat saya yang pemula dan punya otak yang otomatis mengkonversi yen ke rupiah, hehehe…..apalagi di Indonesia-Jogja tepatnya-saya bisa mendapat kain seharga 10 ribuan per meter. Cukup murah untuk pemula meskipun kualitas jauh berbeda.

Sebelumnya kami juga pernah mampir di toko barang-barang bekas pakai di Meinohama. Ada beberapa mesin jahit dengan harga cukup terjangkau. Tapi belum kami tanyakan mengenai kondisinya. Sebenarnya saya sudah mengincar satu mesin jahit, semoga dalam kondisi prima dan masih ada sampai kami pindahan nanti.

Bismillah….saya memantapkan niat untuk ย belajar menjahit. Oh iya…satu lagi, belajar Bahasa Jepang, karena sepertinya itu salah satu syarat untuk bisa having fun dan tinggal dengan nyaman di sini.

6 thoughts on “a little step

  1. hallo sist,

    belajar menjahitnya otodidak atau memang sudah kursus sebelumnya? oh ya klo menjahit baju/tas gt kan pinggiran kain ada diobras, itu pake mesin kusus atau bagaimana ya, boleh minta saran, scr saya berminat belajar menjahit, dan masih bingung bagaimana cara mengobras-nya biar kain tdk terburai.

    terima kasih sebelumnya. ^_^

    • otodidak mbak, baru mulai sejak tinggal di jepang awal januari 2010. pernah belajar cuma pas SMP dulu, pelajaran keterampilan ๐Ÿ˜€
      sebelumnya saya pakai jahit zigzag dengan mesin jahit biasa buat pinggiran kain biar ga terburai, tapi sekarang sudah pakai mesin obras.

  2. oh saya di tokyo mbak, btw mesin obrasnya spt apa ya? boleh minta photonya n belinya ๐Ÿ™‚ by email klo boleh xixi…
    makasih sebelumnya ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

