1st dress…

wooohoooo…..akhirnya saya berhasil membuat dress. sebuah proyek eksperimen di sela-sela pekerjaan rumah yang (seperti) tak pernah habis. dengan “iklan” yg tiada henti dari anak semata wayang, dengan kemampuan menjahit yg pas-pasan, modal niat dan nekat, salah ambil ukuran, salah teknik cutting yg membuat motif gak match depan-belakang kiri-kanan, salah konstruksi jadi berkali-kali didedel dan dijahit ulang, hemming sambil terkantuk-kantuk menjelang jam 12 malam, dan tadaaaaa…dress sesimpel ini akhirnya jadi dalam 2 hari 😀

berikut review beberapa kesalahan saya dalam pembuatan dress ini :
1. kurang cermat mengambil ukuran, rencananya dress pertama ini buat adik perempuan saya. dengan ukuran yang saya peroleh darinya, saya cocokkan dengan tabel ukuran S-M-L yang ada di buku pola dan saya dapat ukuran M, jadilah saya membuat dress model ini dengan ukuran M yang ternyata jadinya agak kebesaran buat saya. padahal adik saya lebih kecil dan lebih pendek dari saya.
2. kurang teliti membaca pola, pola untuk bagian belakang-atas yang harusnya diberi seam allowance 2cm, saya hanya memberinya 1cm. padahal bagian itu harus dilipat 2 kali untuk mensupport lengan talinya. akhirnya saya menambah jahitan supaya lebih kuat.
3. belum paham karakteristik kain dan kurang mengenal teknik cutting membuat motif kotak-kotak pada dress saya gak match antara depan-belakang dan kiri-kanan. padahal untuk kain dengan motif-motif tertentu kesalahan seperti ini akan sangat terlihat dan mengganggu tampilan akhir sebuah produk.
4. kurang teliti dalam proses konstruksi, ada bagian yang tersambung pada bagian yang salah, bagian depan kiri tersambung dengan bagian depan kanan membuat lengan tali terpuntir, terpaksa harus didedel dan memulai lagi konstruksi dari awal.
5. kendala teknis karena belum terbiasa dengan mesin jahit listrik membuat saya berkali-kali melakukan kesalahan seperti lupa mengganti jenis jahitan dan jahitan tidak lurus yang membuat saya harus mendedel dan menjahit ulang.

banyak kesalahan saya buat dan banyak pelajaran saya dapat. saya cukup puas dengan hasilnya, setidaknya dress ini bisa dipakai di rumah ^^

4 thoughts on “1st dress…

Leave a Reply

