GTM*

akhir-akhir ini dito anak semata wayang kami baru susah makannya. hobi tutup mulut dan nyembur-nyembur/ngelepeh makanan yang sudah masuk mulutnya. ini sering bikin saya jengkel dan uring-uringan. kalau sudah begitu seringnya dito saya serahkan ke bapaknya yang lebih sabar sementara saya masuk ruang jahit untuk menenangkan diri. saya suka takut sama diri saya sendiri kalau sudah jengkel atau marah. takut berimbas ke dito 😦
acara makan yang seharusnya jadi momen yang menyenangkan buat seluruh keluarga seakan jadi siksaan buat saya dan (mungkin) juga dito. bahkan sebelum acara makan dimulai saya sudah stres terbayang gak sabarnya menyuapi kesana kemari sambil waspada memungut makanan yang tercecer atau sengaja disembur-sembur oleh dito.
iya iya….saya tahu sebagian besar anak memang mengalami masa-masa susah makan itu dan mungkin di luar sana banyak yang kasusnya lebih berat dari dito. saya dulu juga begitu dan ibu saya juga pasti stres. saking kepengennya saya makan banyak dan sedikit lebih berisi (dari kecil saya tidak pernah gemuk) sampai ibu saya sering “mencekoki” saya dengan ramuan temu ireng yang diparut dan diambil airnya. rasanya masih saya ingat sampai sekarang dan bisa bikin saya bergidik. apalagi mengingat bagaimana cara ramuan itu bisa masuk perut saya. biasanya saya dipangku sama pengasuh saya sambil tangan saya dipegang kuat-kuat sementara ibu memencet hidung saya dan mencekoki saya dengan ramuan temu ireng itu. karena hidung saya dipencet mau tak mau ramuan itu tertelan juga. sungguh menyiksa…makanya saya tidak akan menggunakan cara yang sama buat anak saya. kuncinya memang saya hanya harus sedikit lebih sabar dan telaten lagi. kalau dipikir-pikir dito tidak selalu susah makannya, memang ada kalanya susah, tapi kadang kalau lagi gampang makannya juga banyak banget. setelah saya amati ada beberapa kemungkinan sebab dito susah makan :
1. sudah kenyang minum ASI, kalau begini biasanya acara makan saya tunda. di sela-sela waktu mainnya saya coba suapi lagi.
2. tidak suka menunya, nah kalau ini memang harus diganti…mungkin dito bosan dengan menu makannya.
3. baru pup dan tidak terdeteksi, mungkin dito merasa tidak nyaman jadi malas juga makannya. setelah diganti popoknya biasanya mau makan lagi.
4. porsi suapan terlalu besar atau makanan masih agak panas biasanya langsung dilepeh sama dito, makanya harus menunggu makanan agak dingin dan porsi suapan dibikin kecil/sedikit biar lebih mudah dikunyah.
5. tidak mau makan pakai sendok, entah kenapa dito kurang suka makan pakai sendok kecuali untuk menyuapkan makanan yang ada kuahnya. kalau sudah begini biasanya disuapi pakai tangan (Jawa:muluk) dito langsung mau.
6. memang saatnya adu kesabaran sama dito. saya kepengen dito makan tapi ditonya baru malas, tinggal saya atau dito yang duluan menyerah hehehehe….triknya saya ajak dito nonton tv atau main, saat dito lengah (serius nonton tv atau asik dengan mainannya) saya suapi dia. kadang berhasil, kadang juga gagal dan makanan dilepeh/disembur-sembur. biasanya saya akan terus coba suapi, kadang suapan pertama gagal, kedua, ketiga, keempat kadang baru berhasil. saya tidak peduli, pokoknya asal dito makan, karena setiap suap yang berhasil sampai ke perutnya bikin saya lega dan bahagia tiada terkira :D*lebaydotcom* apalagi dengan bantuan dari suami saya tercinta, acara menyuapi dito di pagi hari jadi less stressful, Alhamdulillah….:)

*gerakan tutup mulut


awal-awal dito makan makanan pendamping ASI, lahap ^^

4 thoughts on “GTM*

  1. Sama dengan Rayya dulu. Tapi semenjak ikut kelompok bermain dan tiap hari prosotan terus, sekarang dikit2 teriak: “Hak” minta makan tiap bapak atau ibunya pegang piring.

Leave a Reply

