saya menderita *oyabaka dan saya mengakuinya

hari ini dito anak saya genap berusia satu tahun. waktu begitu cepat berlalu…

24 agustus 2009, 23.17
serasa baru kemarin bayi merah itu lahir, menghirup udara dunia untuk pertama kalinya, menangis keras, kemudian terlelap dalam pelukan saya.
bayi merah itu kini semakin besar 🙂
belum genap 4 bulan ia tengkurap tanpa bantuan
6 bulan ia merasakan makanan padat pertamanya
8 bulan ia merangkak dan mulai berpetualang ke seluruh penjuru rumah
9 bulan ia bisa duduk tegak dan gigi pertamanya tumbuh
10 bulan ia bisa berdiri tanpa pegangan
11,5 bulan ia mulai berjalan sendiri beberapa langkah

sekarang di usianya yang 1 tahun ia sudah mulai memiliki keinginan-keinginan sendiri dan berusaha sekuat tenaga mengerahkan segenap kemampuan untuk mendapatkannya. seperti ketika ia ingin bermain komputer tapi kami halang-halangi. ia tetap mencoba mendekat dari berbagai arah, jika taktiknya tidak berhasil maka ia menunggu saat kami lengah dan menyerbu ke arah komputer dengan cepat. tapi ketika ia sudah tak sabar, kamilah yang kena sasaran ditubruk dan diterjang demi mendapatkan apa yang diinginkannya. dan sering pada akhirnya kami biarkan ia mendapatkan keinginannya tapi tetap dalam pengawasan kami.
akhir-akhir ini ia juga mulai suka meniru apa yang dilihatnya. menyisir rambut ketika menemukan sisir kecilnya, memasukkan sikat gigi ke mulut dan membuat gerakan menyikat, dan belajar memakai sendiri sepatunya. tiap kali dibawa ke kamar mandi untuk ganti celana atau mandi ia otomatis menengadahkan tangannya ke air yang mengalir dari keran lalu mengusap-usap badannya dan mulai menggosok lantai kamar mandi jika menemukan sikat kamar mandi. semoga kau tumbuh jadi anak yang cinta kebersihan ya…:)
beberapa waktu yang lalu saya dan suami dibuat tertawa ketika ia menemukan termometer, ia langsung memasukkannya ke dalam baju dan berusaha menyelipkan di ketiaknya 😀 dan ketertarikannya terhadap peralatan elektronik sudah tak diragukan lagi. TV, kabel, komputer, remote, headphone, iphone bapaknya, telepon genggam saya, sakelar lampu….semua sudah pernah diutak-atik olehnya. bahkan berkat hobi utak-atiknya saya jadi tahu shortcut lock/unlock pada telepon genggam saya, juga beberapa shortcut pada laptop bapaknya.
yang paling membahagiakan saya, suatu kali ia bangun dan menemukan saya sedang membaca Quran, ia mendatangi saya lalu duduk manis dan tenang di pangkuan saya sampai saya selesai membaca. padahal seringnya ia bangun lalu menangis. Subhanallah…saya terharu.
biarpun begitu tak jarang ia membuat kami orang tuanya jengkel (tapi tetap bahagia, namanya juga
oyabaka :D). keyboard yang rusak dicongkel dan pernya tertelan, kacamata bapaknya yang harus diganti karena sering ditarik paksa olehnya, serta masa-masa ia susah makan, itu hanyalah sebagian kecil saja dari kesulitan-kesulitan yang harus kami lewati selama membesarkannya.

syukur Alhamdulillah, saya masih diberi kesempatan untuk bisa mendampinginya dalam setiap tahap pertumbuhannya. apa yang saya lakukan untuknya belumlah maksimal, tapi saya akan terus mengusahakan yang terbaik. semoga Allah menolong saya untuk bisa terus berbenah diri dalam menjadi madrasah pertama bagi anak-anak saya. dan semoga penyakit oyabaka saya tetap dalam batas yang aman, wajar, tak berlebihan, bagi saya maupun anak-anak saya.

Ya Allah, jadikanlah Andito anak yang sholeh,
hamba yang mencintaiMu dan Engkaupun mencintainya.
karuniakan padanya kesehatan jasmani dan ruhani,
ilmu yang bermanfaat, serta umur yang barokah.
Amiin.

5 thoughts on “saya menderita *oyabaka dan saya mengakuinya

  1. Terharu….
    Happy 1st Birthday dito sayang… semoga tambah pinter, sehat selalu, jadi anak yang berbakti pada ortunya, menyejukkan hati, dan membawa kebahagiaan buat ortunya… aminn…. hope to see you soon, dito-kun, 😀

  2. “…ia mendatangi saya lalu duduk manis dan tenang di pangkuan saya sampai saya selesai membaca..Subhanallah…saya terharu.”
    Saya juga. 🙂 All best wishes for you Didut.. ^^

Leave a Reply

