ikan bakar

akhir-akhir ini kami sering makan dengan menu ikan soalnya bapaknya dito suka kalap kalau beli ikan, hehehe…
setelah mencoba corn fish soup, bakso ikan, pempek, bingung mau diapain lagi ya ikan-ikan itu. akhirnya kepikiran untuk dibakar saja. akhirnya saya turun ke dapur, berbekal niat mulia menghidangkan makanan buat keluarga saya dan bermodalkan intip resep sebentar di internet, hehehe…
setelah sampai di dapur saya kok agak-agak lupa tadi resepnya ya? daripada bolakbalik ke kamar saya nekat saja berimprovisasi. dan inilah hasilnya…..

penampilannya sih kurang oke tapi suami saya bilang enak (tanpa paksaan maupun tekanan dari siapapun lho :P). saya pastikan lagi, saya tanya suami saya…beneran? bukan buat nyenengin hati saya aja? beneran katanya…enak, alhamdulillah 🙂
ya sudah, berarti bisa dipost ke blog nih 😛

bahan-bahannya (ukurannya berdasarkan perkiraan saya^^):
ikan aji 4 ekor
bawang putih 3 siung
bawang merah 5 siung
paprika merah 1 buah
asam jawa 3 biji
sereh 1 batang digeprak
daun jeruk 2 lembar disobek-sobek
garam
gula
kecap 5 sdm
jeruk nipis 1 buah

cara memasaknya :
– lumuri ikan dengan air jeruk dan garam, diamkan sebentar
– bawang merah, bawang putih, paprika dihaluskan
– tambahkan air asam, gula, garam, kecap manis, sereh dan daun jeruk
– ikan dicuci dan dilumuri bumbu halus, diamkan sebentar
– bakar ikan sampai matang dan sisa bumbu ditumis
– sajikan ikan bakar beserta sisa bumbu yang telah ditumis

4 thoughts on “ikan bakar

Leave a Reply

