agenda baru

postingan pertama di bulan november 🙂

cuaca semakin dingin jadi bawaannya males, kreativitas menurun, mesin jahit lama dianggurin, masak juga ala kadarnya….haduhhh, padahal saya baru dapat warisan oven dari Mbak Mina yang pulang ke Indonesia tanggal 3 kemarin, mustinya saya mulai aktif bereksperimen di dapur ya bikin-bikin kue, cookies, atau cemilan apa gitu selain andalan saya cake 5 menit yang resepnya pun saya dapat dari Mbak Mina, hehehe…mana agenda saya bertambah mulai hari senin kemarin, kelas Nihongo seminggu 3 kali yang tempatnya jauh, perjalanan sekitar sejam dengan naik bis 2 kali, dan bawa Dito pula. kenapa saya bela-belain “memaksakan diri” belajar di kelas di bawah bimbingan guru? karena saya pengen banget bisa bahasa jepang, biar hidup saya di sini lebih mudah. setidaknya buat urusan-urusan sepele seperti belanja dan tanya arah kalau kesasar, hehehe…. selama ini saya kurang fokus kalau belajar sendiri di rumah, pikiran saya pasti terpecah antara belajar, ngajak dito main, jalan-jalan, sepedaan, pengen jahit, chatting sama teman-teman saya, nonton film, dan blog walking, hihihi….sebenarnya waktu di indonesia sudah pernah ikut kelas di LIJ cuma sampai level 1 dan terasa sangat kurang, apalagi di sini jarang dipraktekkan (saya suka gak PD). akhirnya saya mengulang level 1. saya merasa lebih mudah belajar lagi dari 0 langsung di bawah bimbingan native speaker. lagipula dasar baca tulis juga diajarkan sekaligus di kelas yang saya ikuti ini, berbeda sekali dengan kelas di LIJ dulu yang teksnya semua dalam huruf romawi. hiragana-katakana-kanji harus kami peajari di kelas tersendiri.

selain alasan tadi, saya ikut kelas Nihongo ini dalam rangka mendapatkan surat keterangan bahwa saya punya aktivitas untuk mendaftarkan Dito ke hoikuen. kenapa masuk hoikuen? alasan utamanya supaya Dito banyak teman dan bisa bersosialisasi. saya kasihan setiap kali Dito keluar ke balkon belakang yang menghadap taman dan melihat banyak anak bermain, dia suka heboh sendiri, teriak-teriak seolah-olah cari perhatian dan pengen ikut bermain. waktu diajak belanja atau pergi ke tempat-tempat umum Dito juga suka sekali mendekati sampai mengejar anak-anak seumurannya bahkan anak-anak yang lebih besar untuk diajak main. saya dan suami berharap dengan masuk hoikuen dia bisa bersosialisasi, puas bermain dengan teman-teman sebaya dan tidak hanya mengenal kami orangtuanya. sungguh bukan kami ingin melepas tanggung jawab sebagai orang tua. saya sendiri pun sempat ragu dan tak sampai hati membayangkan harus melepas Dito masuk hoikuen, apalagi dia masih minum ASI. kalau bisa sebenarnya saya hanya pengen Dito masuk hoikuen pas hari-hari saya ikut kelas Nihongo saja. kira-kira bisa tidak ya? saya sendiri kurang tau bagaimana aturan hoikuen. yang jelas setahu saya proses untuk memasukkan anak ke hoikuen cukup panjang. mulai dari ambil formulir di kantor kecamatan, survey hoikuen, menyiapkan berkas-berkas, mengumpulkan berkas yang diperlukan, dan menunggu pengumuman apakah anak kita diterima atau tidak. semua belum pasti, ada kemungkinan Dito tidak bisa masuk hoikuen yang dituju karena bisa jadi surat keterangan bahwa saya, ibunya, punya aktivitas/kerja/sekolah kurang meyakinkan pihak kecamatan dan pihak sekolah, atau hoikuen yang dituju sudah tidak ada tempat lagi.

sebenarnya di kelas Nihongo yang saya ikuti ada beberapa ibu dan bapak yang membawa anaknya. salah satu tujuan mereka ikut kelas Nihongo pastinya sama dengan saya, supaya mereka bisa memasukkan anak mereka ke hoikuen. Dito biasa bermain bersama anak-anak mereka, tapi seringnya anak-anak terlalu ribut dan orang tua jadi terpecah konsentrasinya. kalaupun Dito tidak bisa masuk hoikuen yah sementara dia bisa bermain dengan anak-anak itu sampai tahun ajaran baru dimulai 🙂

2 thoughts on “agenda baru

Leave a Reply

