eksperimen bersama : es cendol

fukuoka mulai panas seminggu terakhir ini. dan panas-panas begini saya selalu terbayang segarnya es kelapa muda, es cendol/dawet, es teler, dan teman-temannya yang tentu saja susah didapat di fukuoka. setelah sebelumnya saya janjian sama Uma, teman saya sesama ibu hamil, kami sepakat hari kamis kami mau belajar bikin es cendol. resepnya didapat Uma dari sini. sepertinya tidak terlalu sulit dan bahan-bahannya juga mudah didapat.

jadilah hari kamis kemarin kami bertiga (saya, Uma yang juga lagi hamil muda, sama Mbak Mala yang lagi kepingin hamil juga) berkumpul di rumah saya dan bereksperimen bersama. saus gula dan santannya sudah saya buat sebelumnya, jadi tinggal bikin cendolnya dan ini bagian yang paling ribet. berhubung keterbatasan alat berupa wadah berlubang untuk mencetak cendolnya, kami pakai sodet berlubang yang ternyata kekecilan. ini membuat proses mencetak cendolnya jadi lama, apalagi waktu itu saya dengan pedenya memutuskan untuk membuatnya 3 kali lipat porsi yang ada di resep. maksud saya biar bisa dibagi-bagi buat tetangga dan dibawa pulang buat suami masing-masing. akhirnya Mbak Mala mengusulkan untuk mencabik-cabik *duh…bahasanya* adonan dalam air saja, meskipun bentuknya nanti jadi tidak beraturan yang penting berasa cendol, hehehehe….akhirnya setelah kami bertiga bergantian mencetak cendol dengan penuh perjuangan, akhirnya cendolnya jadi juga 😀
berhubung tidak ada nangka, Uma membawa kelapa muda kalengan sebagai pelengkap. setelah semua siap kami racik sendiri-sendiri es cendolnya dan menikmatinya bersama. soal rasa jangan ditanya, tapi puassss deh bikinnya *dan minumnya tentu saja*….^^

oh iya, sebagai pelengkap acara ngobrol-ngobrol menikmati es cendol, saya juga bikin tahu bakso dan rujak dengan bahan seadanya. nyammm…:)

Leave a Reply

