20 weeks!

Alhamdulillah, separuh perjalanan kehamilan sudah saya lewati.

sabtu kemarin saya periksa lagi ke klinik dekat rumah. saya dan si murbei 2 sehat, pertumbuhannya juga normal sesuai umurnya, dan gerakannya sudah semakin heboh terasa di dalam sana. sering saat saya berbaring santai, saya suka berlama-lama mengamati perut saya yang “bergejolak” karena gerakannya, kadang juga si murbei terlihat “mepet” ke satu sisi perut saya jadi perut saya terlihat benjol sebelah alias tidak simetris πŸ˜€ si murbei juga sering cegukan ditandai dengan sensasi denyutan di perut yang ritmenya jelas dan teratur. sayang waktu di USG dan mau dilihat jenis kelaminnya si murbei 2 ini ga mau diajak kompromi, jadi belum bisa dipastikan lagi cowok atau cewek.

yang bikin saya kaget kemarin adalah pertambahan berat badan saya, 2.5 kg dalam 4 minggu terakhir. oh nooo….dokter bilang sebulan mendatang cuma boleh 1 kg saja. di sini memang dikontrol ketat pertambahan berat badan, takutnya bayinya nanti terlalu besar. hiks 😦 saya masih gak percaya masa sih sampai 2,5 kg. padahal saya merasa ukuran perut saya belum terlalu besar, badan saya juga belum terlalu melar. rok dan celana masih pada muat.

hmmm…sepertinya saya harus mulai diet nih, mengurangi ngemil di sela-sela jam makan. memang kemarin-kemarin saya banyak ngemil dan minum yang manis-manis. mungkin bawaan musim panas ini, males makan berat dan pengennya minum yang dingin, manis, dan seger.

kehamilan pertama saya dulu berat badan tidak terkontrol. saya banyak sekali ngemil waktu di tempat kerja. sampai-sampai saya selalu sedia stok cemilan, bergantian sama teman-teman saya untuk dinikmati bersama. makanya berat badan saya naik sampai 18 kg. Dito juga lahirnya besar, 3.8 kg. gara-gara berat lahir besar takutnya Dito kena hipoglikemi (kadar gula kurang) lalu bidan di tempat saya melahirkan menyarankan Dito diberi susu formula karena ASI belum keluar. dan saya iyakan saja karena saya kurang ilmu 😦 jadi Dito sempat merasakan susu formula selama hampir seminggu 😦 saya ga mau itu terjadi lagi, semoga kali ini berat badan aman terkendali dan kami berdua sehat selalu. amiin.

muka si murbei waktu di USG πŸ™‚

Leave a Reply

