ramadhan ke dua di negeri sakura

Alhamdulillah, masih diberi kesempatan bertemu ramadhan kembali tahun ini. meskipun berada di negeri yang mayoritas nonmuslim, jauh dari sanak keluarga, dan siang yang lebih panjang di musim panas (subuh pukul 03.55 dan maghrib pukul 19.20), Insya Allah kami masih bisa menjalani puasa dengan baik.

ramadhan tahun lalu, ramadhan pertama saya di jepang. waktu itu saya masih menyusui dito. saya sempat mengkhawatirkan produksi ASI saya nanti jika saya ikut puasa. saya bahkan sempat stok ASI perah sebelum ramadhan tiba buat jaga-jaga. tapi ternyata puasa saya lancar-lancar saja dan produksi ASI juga masih jalan terus. bahkan ASI perah saya terbuang sia-sia karena dito tidak mau meminumnya.

ramadhan kali ini saya dalam kondisi hamil 5 bulan da masih menyusui dito. meskipun ada keringanan dalam menjalankan puasa bagi ibu hamil dan menyusui, tapi bismillah…saya niatkan juga untuk berpuasa meskipun saya juga tidak mau terlalu ngoyo, saya akan berbuka kalau benar-benar tidak kuat dan merasa ada perubahan dalam mobilitas janin dalam kandungan saya. hari pertama kemarin alhamdulillah lancar. meskipun sempat sedikit lemas setelah jemput dito dari hoikuen dan harus naik turun tangga lantai 5 di tempat tinggal saya. si murbei 2 dalam perut masih aktif bergerak seperti biasanya. dito juga masih menyusu dan saya jauh lebih tenang karena dito hanya menyusu saat mau tidur. selebihnya dia sudah banyak makan makanan keluarga dan minum susu UHT. aktivitas harian saya tidak terlalu banyak terpengaruh juga dengan puasa kali ini. apalagi kelas nihongo sementara libur selama sebulan dan ini sangat membantu.

saya berharap bisa melewati ramadhan kali ini dengan baik dan meraih segala keutamaannya. semoga segala amal ibadah diterima Allah dan menjadikan diri lebih bertakwa. amin.

selamat beribadah di bulan Ramadhan!

Leave a Reply

