28 weeks

kemarin sabtu akhirnya saya bisa ngintip si murbei jilid 2 lagi. senangnya….^^
pertama datang agak khawatir dengan kenaikan berat badan saya juga si murbei. waktu terakhir nimbang di tempat teman saya minggu lalu kok sudah 53 kg. gawat…berarti dalam 3 minggu kenaikan BB saya hampir 5 kg. pasti kena tegur deh…wah tambah stres saya. takutnya BB cuma naik di saya, tapi murbei ga bisa mengejar ketertinggalan BB nya bulan lalu.

tapi syukurlah, kekhawatiran saya ga terjadi. BB saya 51.9 kg di usia kehamilan 28 minggu ini. naik 3.7 kg dari terahir periksa 4 minggu lalu. dan kenaikan ini ga disinggung sama dokternya 🙂 mungkin karena bulan sebelumnya BB saya ga naik, jadi dianggap impas, hehehe…
Alhamdulillah perkiraan BB si murbei juga naik jadi 1082 gr, sesuai dengan umur kehamilan, ga lagi di batas bawah berat rata-rata. lega deh…

oh iya, kali ini si murbei mau diajak kompromi pas dilihat jenis kelaminnya. kalau sebelum-sebelumnya dokter bilang kemungkinan cowok, kemarin dilihat lagi cewek ternyata 🙂 padahal suami berharap cowok karena lebih susah menjaga anak cewek katanya. kalau simbah-simbahnya sih pengennya cewek, biar lengkap kata mereka. saya sih ga masalah, seneng-seneng saja mau cowok apa cewek, buat saya yang penting sehat dan normal, jasmani maupun ruhaninya…

di usia kehamilan 28 minggu ini nafsu makan saya benar-benar menggila! saya sampai ngeri sendiri…habis makan nasi bawaannya masih lapar terus. masih pengen ngemil dan ngemilnya juga harus yang mengenyangkan, roti misalnya, cornflakes pakai susu, atau buah tapi dalam porsi yang agak besar. musim panas (yang hampir berakhir) ini banyak dijumpai buah nashi dan itu favorit saya. segar, banyak airnya, dan manis. sekali makan saya bisa habis 2 biji. padahal selama hamil di jepang diharapkan gak terlalu banyak kenaikan BBnya, takut bayinya juga besar dan susah ngeluarinnya. dengan cemilan macam itu, sudah manis, banyak pula asupannya, gimana BB saya ga melaju pesat??? haduhhh jadi serba salah (>.<)

saya sempat mengalami mimisan juga beberapa hari yang lalu. sebelumnya juga pernah dan darahnya membeku di hidung, tapi kemarin itu darah segar yang keluar, sampai saya harus sumpal lubang hidung pakai tisu. untungnya cuma sedikit dan waktu ditanyakan ke dokter, dokter bilang itu normal, ibu hamil memang gampang mimisan. kalau menurut yang saya baca itu pengaruh hormon, pertambahan volume darah, dan pelebaran pembuluh darah di seluruh tubuh termasuk di hidung. jadi yang saya alami kemarin itu normal, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, apalagi keluarnya cuma sedikit dan sebentar.

dari segi fisik, sudah jelas terlihat sekarang perut saya yang makin buncit. mobilitas juga sedikit menurun, ngerjain sesuatu ga bisa cepet, ritme melambat. baru kerja sedikit rasanya sudah capek dan ngos-ngosan. sudah gitu sumbu saya yang dari sononya sudah pendek jadi semakin pendek…karena segala keterbatasan fisik sekarang ini, pekerjaan rumah agak sedikit terbengkalai, sementara itu standar saya masih tinggi dan saya masih banyak maunya. gabungan beberapa hal itu bikin saya gampang uring-uringan. akhir-akhir ini saya juga sering menangis karena merasa ga berdaya, sedih, juga menyesal karena ga bisa mengendalikan emosi. untungnya suami saya superbaik dan penyabar. suami selalu mendengarkan saat saya marah-marah sambil nangis-nangis sampai selesai dan tak bosan menenangkan, mengingatkan saya untuk lebih bersabar lagi, lebih bisa menerima segala kondisi saat ini dan menikmatinya. iya iya…saya tau teorinya tapi prakteknya susah sekali. biar begitu setidaknya saya sedikit lega kalau sudah mengeluarkan uneg-uneg (dan juga kemarahan baik ke diri sendiri, anak, atau suami) ke suami. suami juga jadi lebih banyak lagi membantu kerjaan rumah, sebelum-sebelumnya memang sudah sangat membantu tapi seiring usia kehamilan saya yang semakin tua, porsi bantuannya makin besar. ah saya sungguh beruntung…dan saya bersyukur sekali punya suami sepertinya. tapi apakah suami saya juga merasa beruntung punya istri seperti saya? ha, silakan bertanya langsung ke orangnya 😀

oh iya, ini hasil USG si murbei kemarin

3 thoughts on “28 weeks

Leave a Reply

