30 weeks pregnancy dan cabut gigi

sabtu tanggal 1 kemarin saya periksa rutin kehamilan saya. Alhamdulillah saya dan si murbei 2 sehat. kenaikan BB saya 1,2 kg dalam 2 minggu dan gak disinggung sama dokternya (lega deh….). perkiraan BB si murbei sudah 1438gram, dengan diameter lingkar kepala 7.54 cm, diameter lingkar perut 8.81 cm (melintang) 5.94 cm (membujur), dan panjang tulang kaki 5.47 cm.

perut saya semakin buncit, gerakan si murbei 2 semakin heboh, gerakannya kadang tiba-tiba dan kenceng, terasa sampai rusuk dan kalau gerakannya ke arah bawah bikin saya kebelet pipis. mau gak mau jadi sering pipis sekarang. sampai tahap ini saya sudah mulai gak enak tidur, posisi serba salah, kadang bangun-bangun badan tambah pegel. ini berakibat ke mood saya yang jungkir balik gak karuan. yang kena pastilah suami saya hihihi….(maaf ya, Mas)

pulang dari dokter kandungan sudah siang, kami langsung makan siang di sebuah restoran keluarga. sudah kenyang, kamipun lanjut nyicil belanja keperluan saya dan si murbei 2 saat lahiran nanti. setelah beberapa item terbeli kami berencana langsung pulang. tapi ternyata sudah jam 15.30 dan saya baru ingat kalau saya dan suami ada janji ke dokter gigi. akhirnya kami putuskan langsung ke klinik dokter gigi langganan itu.

sebetulnya sudah lama saya kepengen perawatan gigi menyeluruh, tapi selalu tertunda karena malas dan pikir-pikir biaya. mengingat suami saya juga sedang dalam perawatan. sekali perawatan biayanya sekitar 1000-1500 yen (setelah terpotong asuransi) tergantung jenis penanganannya dan perawatan di sini bisa berlangsung berbulan-bulan. suami saya tiap sabtu sore selalu “apel” ke dokter gigi dan itu sudah berlangsung sebulan lebih dan sempat terhenti saat Ramadhan kemarin. eh tanpa disangka lambat laun gigi saya mulai berulah. keluhan di gigi saya sudah terjadi sejak hari selasa, tambalan di gigi geraham kiri bawah saya lepas dan gusi di sebelahnya bengkak dan sakit. hari rabu saya ke klinik langganan suami, tapi berhubung hari itu jadwal periksanya penuh dan tidak ada dokter yang bisa bahasa inggris jadi si mbak resepsionis menawarkan periksa hari sabtunya bareng suami. karena ternyata dokter yang bisa bahasa inggris biasanya itu cuma praktek di situ pas hari sabtu. ya sudah terpaksa harus menahan sakit sementara.

pertama semua gigi diperiksa, dicatat kerusakan-kerusakannya. dilanjutkan dengan rontgen, dari situ semakin ketahuan betapa parahnya kondisi gigi saya. waktu saya tanya kira-kira perlu berapa lama perawatannya nanti, dokter balik tanya kapan perkiraan saya melahirkan. saya bilang desember dan dokter bilang selama itulah perawatannya, yah kira-kira 2 bulan lah saya harus ke dokter tiap sabtu 😦 banyak karang gigi yang harus dibersihkan dan banyak lubang yang harus ditangani. kondisi gusi di dekitar gigi yang tambalannya lepas itu juga parah, tidak bisa mensupport gigi lagi. jadi gigi geraham saya itu harus dicabut. saya sih siap-siap saja karena sudah berniat untuk perawatan menyeluruh. tapi di satu sisi kantong saya (eh…kantong suami ding) yang menjerit, seminggu sekali ke dokter gigi selama 2 bulan! gak cuma saya aja tapi juga suami. tapi sepertinya suami gak bakalan lama lagi perawatannya…semoga….

proses perawatan gigi pertama saya berjalan lancar. ruang periksa yang nyaman dengan layar LCD menayangkan film kartun bikin saya betah selama dokter menangani gigi saya. dokternya juga sangat komunikatif, semua tahapan pemeriksaan dijelaskan dari awal. hari itu yang ditangani cuma bagian geraham yang berasalah saja. dibersihkan sekitarnya, disuntik, lalu dicabut. dan untuk kedatangan saya selanjutnya sudah diplot gigi mana saja yang akan ditangani selanjutnya. jadi selama 2 bulan ke depan saya punya agenda rutin 2 mingguan dan agenda rutin mingguan…pagi ke dokter kandungan (saat kehamilan mulai masuk minggu ke 36) dan sorenya ke dokter gigi. sekali lagi, saya gak setakut suami saya kalau harus berurusan sama dokter gigi (sudah pernah merasakan melahirkan yang jauh lebih sakit) yang saya takutkan cuma kondisi dompet saya, hihihi….*ralat lagi, dompet suami saya tepatnya :D*

Leave a Reply

