Dito sudah besar :)

Postingan kali ini khusus buat nyeritain si Mas Dito yang sudah gede, sudah punya adik, dan tambah pinter.

Sewajarnya anak-anak, ada kalanya Dito manis, ada kalanya bikin jengkel. Kalau lagi manis, yaaa manis banget… Nemeni adiknya kalau saya lagi sibuk beberes atau masak, mau mengambilkan dan membuang popok adiknya, nurut kalau dibilangin, menghujani saya dengan pelukan dan ciuman, membereskan mainan sendiri, nyenengin lah pokoknya.
Tapi kalau lagi kumat manjanya huffftttt….seharian isinya merengek. Minta apa-apa sambil merengek, kalau punya kemauan harus saat itu juga, ga mau ngalah sama adiknya. Ya gitu deh, bikin capek.

Mulai April lalu Dito sudah ga masuk Ayumirai hoikuen. Kelas sudah penuh karena prioritas buat anak-anak yang orang tuanya dua-duanya bekerja. Ga ada tempat lagi buat yang temporer seperti Dito. Sayapun memutuskan berhenti ikut kelas nihongo di Kashiihama kaikan. Karena jauh, bakalan repot bawa Dito dan Oi. Saya cuma nerusin kelas yang di Fuku-fuku tiap hari Selasa yang ada child carenya. Lumayan, saya bisa tetep belajar sementara Dito dan Oi juga bisa main sama sensei dan anak-anak lain. Itung-itung refreshing seminggu sekali buat kami bertiga.

Karena Dito sudah ga masuk hoikuen, otomatis dia seharian sama saya di rumah. Mainnya ya itu-itu saja, ketemunya ya saya lagi saya lagi. Jadinya Dito bosen, terus bikin ulah. Mungkin juga karena energinya berlebih dan tidak tersalurkan. Saya harus sering ngajak dia main di luar. Kalau sore kami ke koen di Nokata. Sebenarnya ada koen belakang rumah yang selalu rame kalau sore. Banyak anak-anak dan ibu-ibu Jepang ngumpul. Tapi saya rada jiper mau ngajak Dito main ke situ. Kalau saya lagi capek atau males keluar, Dito suka main sendiri di balkon belakang. Teriak-teriak panggil-panggil anak-anak yang main di koen, tomodachi–tomodachi…!! Mungkin ibu-ibu yang ngumpul di koen itu pada mikir anak ini kasian banget gak punya temen, gak pernah diajak ibunya main apa ya? Aduhhh….jadi ga enak hati 😦

Entah Ditonya yang memang kesepian gak punya teman atau memang dasarnya supel, tiap kali ketemu anak-anak lain dia selalu over excited, pengen nimbrung aja. Kadang mereka bisa main bareng, kadang berantem rebutan mainan. Meskipun tak jarang anak-anak yang lebih gede kelihatan gak suka kalau Dito nimbrung. Tapi dulu pernah ketemu anak seumuran SMP gitu di Nokata, suka banget sama Dito. Diajak main, gabung sama anak-anak kecil lainnya. si kakak ini kayaknya ngemong banget, anak-anak kecil seumuran Dito pada ngerubutin, padahal cowok lho…

Awal April saya cari info hoikuen dekat rumah yang bisa nerima Dito dengan sistem temporary seperti di Ayumirai dulu. Supaya Dito bisa main dan punya temen. Ternyata ada, namanya Kabocha Batake Hoikusho. Privat child care yang proses masuknya gak ribet seperti public child care. Masuknya pun kapan saja, asal ada tempat, ga harus nunggu tahun ajaran baru. Lokasinya di Ishimaru 3 chome. Dari rumah naik sepeda kira-kira 15 menit. Tempatnya kecil, kaya rumah biasa dan kapasitasnya hanya 40 anak. Akhirnya saya sama suami sepakat memasukkan Dito ke Kabocha Batake seminggu sekali tiap hari Rabu dari jam 9 sampai jam 1 siang. Di child care ini saya harus nyiapin bento buat Dito karena mereka ga bisa nyiapin makan siang halal buat Dito.

Sementara Dito di child care, rencananya saya mau ikut kelas nihongo di Nishi Shimin Center di Meinohama. Waktu saya ke sana, ternyata ada child care buat anak-anak sementara ibunya belajar. Asiiikkk….akhirnya jadwal Dito main di Kabocha Batake diganti hari Kamis.

Sampai saat ini Dito seneng banget “sekolah dolanan” (sekolah main-bahasanya Dito) di Kabocha Batake. Dito juga seneng banget diajak ibu belajar nihongo karena dia bisa main sementara ibu masuk kelas hehehe…

Leave a Reply

