Toilet training

Dito sudah hampir 3 tahun, masih pakai popok sekali pakai dan belum bisa pipis sendiri di toilet. Saya sudah berencana menerapkan toilet training dari umur 2 tahun, tapi ternyata saya hamil dan setelah melahirkan disibukkan dengan ngurus baby Aoi (pembenaran, alasan utama:malas :P)

Akhirnya awal bulan lalu saya bulatkan tekad untuk toilet training Dito. Saya berharap Dito bisa lepas dari popok sekali pakai saat umur 3 tahun. Saya sudah siapkan 6 helai training pants gambar patrol car kesukaan Dito, dudukan toilet kecil, dan potty pemberian serang teman.

Awalnya saya kasih tau Dito ini namanya potty, tempat pipis dan pup. Kalau Mas Dito mau pipis/pup bilang sama ibu ya, terus cepet-cepet buka celananya dan duduk di sini. Lalu dipraktekkan meskipun ga kebelet dan ga ada yang keluar.
Selama semingguan cara ini belum berhasil. Dito selalu bilang kalau pipis/pup setelah pipis/pupnya sudah keluar *sighhh….Saya sudah coba suruh Dito duduk di potty selama beberapa saat tapi Ditonya ga betah (sayanya juga :P), giliran sudah berdiri, main lagi, eh gak lama kemudian pipis 😦 Untung training pantsnya lumayan menyerap, meskipun beberapa kali juga sempat bocor dan saya terpaksa ngepel. Itu gara-gara Dito kadang lama baru bilang kalau dia pipis/pup. Berhubung stok training pants cuma 6 jadi harus cepet-cepet dicuci dan malemnya selalu pakai popok sekali pakai.

Saya jadi mikir apa Dito belum bisa mengenali tanda-tanda kebelet ya?
Kalau mengandalkan feeling kebeletnya bakalan susah nih kayaknya…
Tapi setidaknya dia sudah tau kalau celana basah/kotor kena pup itu bikin ga nyaman dan segera lapor ibu.

Akhirnya saya coba cara lain. Pottynya disingkirin dan langsung ke toilet pakai dudukan toilet kecilnya. Kalau sebelumnya saya berharap pada feeling kebeletnya Dito, kali ini saya yang inisiatif. Tiap 2-3 jam, mau gak mau saya bawa dia ke toilet, saya tungguin dia duduk di situ selama beberapa saat sampai pipis. Tapi lagi-lagi dia ga betah dan malah cuma mainin tisu toilet sampai habis. Grrrr….beneran deh, dalam kasus begini saya banyakan ga sabarnya.

Selama hampir sebulan, terhitung dari saya beliin Dito training pants tgl 29 Mei, saya ga konsisten dalam proses toilet training ini. Kalau lagi mendung, hujan, kemungkinan training pants ga kering, sayanya lagi males, atau pas pergi, Dito tetep pakai popok sekali pakai.

Lalu keajaiban terjadi hari Jumat pagi tanggal 22 Juni kemarin. Bangun tidur, sayanya lagi rajin, langsung saya bawa Dito ke toilet. Eh, dia pipis dengan sukses! Langsung keluar gitu…padahal biasanya ditungguin lama ga keluar-keluar. Wah, saya jadi semangat. 2 jam berikutnya saya coba lagi ajak dia pipis di toilet dan keluar juga. Begitu terus tiap 2 jam dan tiap kali ke toilet pasti pipis. Jadi seharian itu Dito sukses ga pakai popok sekali pakai dan training pantsnya pun ga basah sama sekali. Yipppiiieeee…..
Malamnya sebelum tidur Dito pipis dulu, saya beranikan diri cuma makein training pants, bukan popok sekali pakai seperti biasa. Paginya begitu bangun cepet-cepet diajak pipis ke toilet. Dan malam itu sukses, pertama kalinya Dito ga pipis di celana. Alhamdulillahhh….seneng banget rasanya.

Progressnya sejauh ini :
1. Dito selalu pakai training pants di rumah dan popok sekali pakai kalau di luar rumah
2. Pipis tiap 2 jam sekali, sebelum tidur dan segera setelah bangun tidur, berlaku juga selama pergi (ibu harus ingat kapan terakhir dia pipis). Masih kecolongan pipis di celana, tapi bisa dihitung jari, banyakan sukses pipis di toilet
3. Masih belum bisa mengenali feeling kebelet pup, jadi masih pup di celana/popok

Alhamdulillah sudah ada kemajuan meskipun belum sepenuhnya berhasil. Semoga saya dan Dito bisa menyelesaikan PR berikutnya sampai benar-benar berhasil lepas dari popok sekali pakai 🙂

Advertisements

16 thoughts on “Toilet training

  1. sebelum bobo,pas setengah sadar, bisikin ke dito: “kalau mau pipis/pup, bilang ke ibu ya!”. sapa tau berhasil:)

  2. wah toilet training emang ketelatenan ibu jadi kunci utama lhooo..awalnya dulu jg gitu tiap 2 3 jam diajak ke kmr mandi, seringnya sih berhasil.tp kalo dianya ga mau, ak pura2 mau pipis eh dia kyk g mau kalah n akhirnya malah dia yg pipis hehehe..alhamdulillah mare da 3 bulan ini bnr2 ga pake pospak..da bisa pipis sendiri di kmr mandi,tp ya kdg2 kalo dia lg g mood lgsg aja ngocor di mana aja.tp jarang bgt paling dalam sebulan 3 ato 4 x kebobolan:) malem jg ga pke pospak, ngompol ngompol deh di kasur.tp setelah ngompol pasti kita lgsg tegur/jelasin klo itu salah *mama galak…
    pengalaman paling tak terlupakan: mare pup di lantai supermarket! hahaha untung lg sama ayahnya bukan sama mama *repot n maluuu. kitanya jg yg salah, sebelum turun mobil mare padahal da blg kalo mau pup tp kita g percaya krn sebelumnya dia baru aja pup di resto. oh iya, kan mare suka plih bajunya sendiri tuh, jd untuk ngingetin dia kalo mesti pipis kubilang : kalo pipisnya ga di kmr mandi nanti celana sakunya ( celana saku=celana panjang jeans/kargo) basah lhoo..ga jd jalan2 deh! lgsg deh dia buka sendiri dan ke kmr mandi..hihihi

    • Waaahhh hebat Mare dan Mamanya…
      Dito selama pake training pantsnya baru sekali ngompol pas malem. padahal sebelum bobok pipis lho. untung pas musim panas, jemur paginya sebentar langsung kering.
      Tapi klo pergi2 belum berani lepas pospak nih, males repotnya. meskipun sebenernya Dito ya risih klo kebetulan pipis di pospak, pasti langsung minta ganti.
      moga2 bisa segera sukses toilet trainingnya ngikut jejak Mare…aamiin

  3. aku jg pengen mlatih potty for my baby Rio [15 mths] skrg ini msh pke diaper, katanya musti nunggu sampe 18 bln-umur idealnya. pengen nyoba potty trainingnya sblm umur 2 th, rio ud pinter pegang popoknya klo mau pipis tp aku yg nggak ‘ngeh’ or lazy [most of the time. hehe..]. ada tanda-tanda lain nggak mbak klo baby mau pipis/pup gitu? share…
    en salam kenal..
    *btw, I know your blog from parents indonesia, blognya mbak masuk majalah. congrats, gimana ya caranya? random pick ato emang daftar?

    • Salam kenal juga Mbak Dini 🙂
      Wah Rio udah pinter kasih clue ya…awal yang bagus tuh.
      Sampai saat ini aku belum bisa mengenali tanda-tanda Dito mau pipis.
      Ditonya sendiri juga belum bisa mengenali, jadi mengandalkan ingatanku kapan terakhir pipis.
      Kalau lewat 3 jam dan aku lupa ga ngingetin ya bablas hehehe….
      Kalau pup, kadang ga ketauan juga sampai Ditonya sendiri yang bilang. Tapi pernah beberapa kali aku nangkep cluenya, Dito tiba-tiba serius, konsen gitu padahal sebelumnya lari-lari, main sambil ribut. Langsung deh kubawa ke toilet. Kalau lagi beruntung sampe toilet pupnya belum keluar, tapi seringnya gagal…pupnya keluar duluan 😦 kayaknya Dito belum bisa nahan.

      Oh iya Mbak, blogku masuk majalah? Di majalah itu ngebahas apa? Aku malah ga tau. Kok bisa ya? Bisa tolong kasih link atau foto? Terima kasih sebelumnya 🙂
      Semoga baby Rio lancar toilet trainingnya ya ^^

  4. Salam mbak dian….same aje sy di cn…yg kakak sudah pandai bercakap bile hendak potty..tp ummi dia xsmpt nk layan..mmg kene byk sabar kan…;)

    • Salam, Aimi-san. Iya, harus sabar, namanya juga berproses 🙂
      Pintar ya kakak Altaf, semoga jadi contoh buat adik-adiknya. Salam sayang buat kakak Altaf, Mujahid, dan baby A’isyah 🙂

  5. met ngajarin toilet training ya dian…. ketelatenan ibu jadi kunci utamanya, dan masing2 anak beda2 waktunya ada yg cepet ada yg lama… Jadi ttp mencoba dan semangaat yaaa

  6. bunda itu beli toilet trainingnya yg bs di tempel di closet dmn ya? yg seperti itu lucu ada pegangannya. mahesa udh usia 2 tahun dan saya mau ajarin pup n pipis di closet. tp msh hunting toilet trainingnya yg nyaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s